Keterangan Parameter yang ditulis dibawah ini mengacu pada robot FlexEA v4.53, karena development robot yang terus menerus dilakukan, ada kemungkinan parameter yang ada sedikit berbeda, namun hal ini tidak mengubah arti secara signifikan.

Anda tidak diwajibkan mengerti semua  arti dari parameter ini, untuk mensetup robot dapat menggunakan PRESET FILES yang telah di sediakan, sehingga sangat memudahkan bagi anda untuk setup robot.

Berikut ini adalah parameter yang ada pada robot FlexEA.
Kami akan coba jelaskan satu persatu agar dapat lebih dimengerti dan dipahami bagaimana robot ini bekerja.
Parameter ini cukup kompleks, anda tidak perlu mengerti semua arti dari parameter ini untuk bisa menjalankan robot.
Halaman ini bertujuan sebagai referensi untuk dapat lebih mengerti bagaimana robot bekerja.

PART 1: Strategy Controlled Settings

Keterangan Part 1
*User: Ubah dengan “username” dari license yang anda beli, untuk account demo MT4 anda tidak perlu menggantinya.
*Strategy: Ada 13 Strategy yang dapat anda pilih, akan dijelaskan lebih detail pada halaman Strategy FlexEA
AutoCorrelation: Setting ini masih dalam taraf ujicoba, dengan melakukan hedge pada posisi dengan membuka pair yg berkorelasi berlawanan arah. Parameter ini tidak perlu diganti.

Seluruh nilai dari strategy controlled setting dibawah ini adalah nilai standard dari strategy DEFAULT.
Bila anda mengubah strategy menjadi lainnya (misal: Halfgrid) maka nilai pada setting parameter dibawah tidak secara otomatis berubah, namun di belakang layar sebenarnya telah berubah menyesuaikan dari pilihan strategy.
Anda bisa lihat settingnya pada informasi pada Chart.

RealTakeProfit: 29 pips, adalah nilai untuk Default strategy untuk Take Profit, bila anda mengganti strategy menjadi selain Default, maka nilai ini akan otomatis berubah pada sistem.
RealStopLoss: 0 pips, bila nilainya 0 maka FlexEA tidak memasang stoploss, namun SL ditentukan dengan menggunakan % dari balance (akan di tentukan nanti pada parameter DD_StopLossPct).
Bila anda mengisi dengan suatu nilai, misal: 30 maka setiap robot membuka posisi, maka akan ada SL sebesar 30 pips.
PipStepMultiplier:  Faktor pengali dari pipstep, parameter ini tidak perlu diganti.
LotStepMultiplier: Faktor pengali dari jumlah Lot, parameter ini tidak perlu diganti.
PipStep: Besaran pip dimana FlexEA akan membuka layer baru.
VirtualPipStep: Digunakan robot untuk menjalankan Virtual Trades, suatu mekanisme penghitungan dibelakang layar untuk menentukan pengambilan posisi. Parameter ini tidak perlu diganti.
*VirtualTrades: Digunakan robot untuk menjalankan Virtual Trades, suatu mekanisme penghitungan dibelakang layar untuk menentukan pengambilan posisi. Semakin besar nilai VT (virtual trades), maka untuk membuka posisi pertama robot membutuhkan pergerakan market semakin besar (semakin volatile tajam).Contoh: Bila anda mengubah VT = 0 maka robot akan langsung membuka posisi. Bila anda mengubah VT = 10, robot akan jarang buka posisi, dan membutuhkan suatu pergerakan market yang sangat tajam (seperti pada saat high impact news keluar) untuk dapat mentrigger robot membuka posisi.
Semakin tinggi nilainya, maka semakin akurat performance robot, namun semakin jarang buka posisi, demikian pula sebaliknya, bila nilai VT semakin kecil misal 3, maka robot akan sering sekali buka posisi, namun juga sering akan kena cutloss dan akan tidak akurat.
Disarankan untuk menggunakan VT diantara 4 – 8. Disarankan untuk tidak mengubah parameter ini dan mengikuti nilai dari masing-masing strategy yang dipilih, kecuali memang dirasa perlu.
VirtualTakeProfit: Digunakan robot untuk menjalankan Virtual Trades, suatu mekanisme penghitungan dibelakang layar untuk menentukan pengambilan posisi. Parameter ini tidak perlu diganti.
LotMultiplier: Faktor pengali lot, ketika robot membuka layer posisi baru.
MaxBuyTrades: Jumlah maksimum robot membuka layer untuk posisi buy.
MaxSellTrades: Jumlah maksimum robot membuka layer untuk posisi sell.
* Tanda bintang ini menandakan parameter yang saya biasa ubah untuk tweaking performance robot.

Part 2 : Additional Parameter of Strategy Controlled Settings

Keterangan Part 2:

UseSameTP: TP untuk seluruh layer dalam 1 basket yang dibuka oleh robot akan memiliki TP yang sama, sehingga bila mencapai TP maka seluruh posisi robot akan ditutup.
UseSameSL: TP untuk seluruh layer dalam 1 basket yang dibuka oleh robot akan memiliki TP berbeda-beda.
WaitForNextBar: Bila suatu kondisi bagi robot telah tercapai untuk membuka posisi pertama, maka robot akan menunggu sampai dengan muncul bar berikutnya, bila anda memasang robot pada candle H1 artinya ketika muncul candle baru 1 jam, robot baru akan membuka posisi pertamanya.
UseEarlyRecoveryMode: Settingan ini akan mematikan sementara waktu parameter LotMultiplier sampai batasan yang ditentukan oleh parameter StartRecovery. Contoh: Bila StartRecovery = 3, maka robot akan membuka posisi dengan besaran lot yang sama untuk 3 layer pertama, dan mulai layer ke 4 dan seterusnya LotMultiplier mulai berlaku.
UseLateRecoveryMode: Kebalikan dengan setting UseEarlyRecoveryMode Settingan ini akan mematikan sementara waktu parameter LotMultiplier setelah batasan yang ditentukan oleh parameter StartRecovery. Contoh: Bila StartRecovery = 3, maka LotMultiplier akan berlaku, dan robot akan membuka posisi seperti biasa untuk 3 layer pertama, dan mulai layer ke 4 dan seterusnya LotMultiplier akan di disabled sehingga jumlah lot yang dibuka pada posisi ke 4 dan seterusnya akan tetap.
StartRecovery: Posisi layer dimana mode Early atau Late Recovery mulai berlaku.
*UseHedging: Bila True dan setting HedgeAfterPip = 0, maka ketika robot membuka layer terakhir, akan dibuka pula posisi hedging yang berlawanan arahnya dengan besaran lot ditentukan oleh parameter pada HedgeMultiplier
Penghitungan besaran lot hedging ditentukan dari total lot yang diambil x Hedge multiplier.
Contoh: bila FlexEA membuka posisi SELL 5 layer yaitu 0.01, 0.02, 0.03, 0.05, 0.09 = total 0.2 lot
maka bila fitur Hedging diaktifkan, ketika robot membuka layer ke 5 maka akan dibuka pula posisi SELL dengan besaran 0.2 lot x HedgeMultiplier, Bila besaran HedgeMultiplier adalah 0.75 maka besaran lot untuk hedging adalah 0.15 lot.

HedgeOnce: Bila True, maka posisi hedge akan dibuka sekali saja, bila False, maka posisi Hedge dibuka terus.
*HedgeAfterPips: Nilai standar adalah 20 pip, artinya ketika layer terakhir dari robot dibuka maka posisi hedge akan dibuka dengan jarak 20 pip dari layer terakhir tsb. Selama nilai 20 pip ini tidak tercapai, maka posisi hedge tidak dibuka.
Bila nilai ini di ubah menjadi 0, maka begitu layer terakhir dibuka robot, maka robot juga akan membuka posisi Hedge.
HedgeTP: Nilai TP dari posisi Hedging yg dibuka.
HedgeSL: Nilai TP dari posisi Hedging yg dibuka.
*HedgeMultiplier: Faktor pengali dari posisi Hedging.

* Tanda bintang ini menandakan parameter yang saya biasa ubah untuk tweaking performance robot.

Part 3: Filter Indicators

Keterangan Part 3

Secara singkatnya untuk bagian 3 ini anda dapat menambahkan filter tambahan untuk pengambilan posisi pertama robot.
Beberapa indikator yang dapat digunakan sebagai tambahan filter adalah :
– Support & Resistance Level
– EMA (Exponential Mov Average)
– Stochastic
– TDI
– RSI
– Candle Size
Anda bisa ubah parameternya sesuai kebutuhan.
Saya sendiri tidak menggunakan sama sekali dari filter indikator ini, karena bila di apply ke robot, maka pada kasus tertentu robot akan menjadi sangat jarang membuka posisi, sehingga profitabilitas secara overall akan menurun.

Part 4 : TP, SL, Trail Controlled Settings 

Keterangan Part 4:

Accuracy: Digunakan oleh robot utk menghitung posisi yang aman untuk membuka posisi pertama. Parameter ini tidak perlu dibuah.
*MM: Money Management, digunakan untuk menghitung besaran lot yang dibuka pada open posisi pertama. Bila di set off, maka Risk dan RiskType  tidak berlaku, robot akan menghitung opening posisi pertama berdasar dari parameter ManualLot
*Risk_: 0.1 – 0.3 termasuk dalam low risk, 0.4-0.9 medium, sedangkan diatas 1.0 cukup berbahaya. Saran saya anda dapat mulai dengan 0.2 dan bila dirasa kurang besar bisa ditambah secara bertahap, sampai di rasa sesuai. Ingat, bahwa pada awalnya mungkin dirasa kecil lot yang diambil, namun bila market bergerak tidak sesuai ekspektasi, dan robot terus membuka layer dengan faktor pengali pada LotMultiplier, maka besaran lot secara total ketika robot membuka layer maksimal akan menjadi besar. Gunakan settingan ini dengan HATI HATI !!
Risk_Type: Account Balance, Penghitungan Stoploss menggunakan basis Account Balance.
*ManualLot: Bila setting MM di off kan, maka robot akan mengambil posisi pembukaan awal sesuai dengan jumlah lot pada parameter ini.
DD_SL_Mode: Diatur secara otomatis oleh strategy yg dipilih.
*DD_StopLossPct: Persentase stop loss berdasar Risk_Type.
Contoh: Account Balance = $1000, Bila di set 15.0, dan Risk_Type = Account Balance, maka ketika floating loss (DrawDown) mencapai 15% dari Balance atau -$150, seluruh posisi yang dibuka robot akan ditutup. (termasuk posisi Hedging – bila ada)
*DD_Pause: Persentase dimana robot tidak akan membuka posisi baru pada pair lainnya bila Floating Loss (DD – DrawDown) yang saat itu terjadi melebihi dari persentase ini.
Contoh: Account Balance = $1000, Bila diset DD_Pause = 5%,  maka bila robot telah mengambil posisi dan saat itu terjadi floating loss sebesar  > -$50, maka robot tidak akan membuka posisi baru pada PAIR LAIN.
PauseBasketAtDD: Bila di set ON, maka bila terjadi DD melebihi settingan pada DD_Pause, maka robot tidak akan membuka layer baru.
DollarSL: Anda dapat pula menentukan level cutloss dengan menggunakan total loss yang terjadi dalam USD. Bila anda memasukkan parameter sebesar misalkan 200, maka Robot akan cutloss bila DD mencapai -$200.
PauseAfterStopOut: Bila terjadi StopOut (cutloss), maka robot akan OFF selama xx jam dan tidak akan membuka posisi baru pada PAIR yang terkena StopOut.
HoursToPauseTrade: Total jam dimana robot akan Pause bila suatu Pair terkena StopOut
DD_TP_Mode: Bila di set all chart, maka robot akan menutup SEMUA posisi open pada SEMUA basket (termasuk pair lain), bila posisi % profit telah tercapai seperti ditentukan pada parameter FloatingTP_Pct. Bila diset This Chart, maka robot akan menutup SEMUA posisi pada Chart tertentu saja bila % profit telah tercapai seperti ditentukan pada parameter FloatingTP_Pct.
*FloatingTP_Pct: Persentase TP yang ditentukan agar robot menutup posisi sesuai DD_TP_Mode.
DollarTP: Selain menggunakan persentasi TP, maka robot dapat pula di set dengan menggunakan value dalam USD.
MaxSpread: Maximum spread yang dibolehkan bagi robot utk mengambil posisi pertama. Bila di set misal 3 pip, maka bila ada trading opportunity dan robot akan membuka posisi, namun pair tersebut memiliki spread >3 maka robot tidak akan mengambil posisi pertama.

Slippage: Batas toleransi maksimal perbedaan harga atau perbedaan pips antara yg di eksekusi oleh robot dan harga yang dapat di fullfill oleh server. Bila melebihi batas ini maka order tidak akan di eksekusi.
RestartSlippage: Maksimal slippage yang terjadi (dalam pips), dalam kasus bila terjadi MT4 restart atau VPS reboot, sehingga harga yang tertera setelah reboot melebihi batasan pips yg ditentukan dalam parameter ini, maka FlexEA akan merestart Virtual Trade.
RestartHours: Sama halnya dengan parameter RestartSlippage, namun dalam besaran jam (waktu).

Berikut ini adalah settingan utk TRAILSTOP dengan menggunakan HARDSTOP.
TrailingMode: Bila ON, maka trail mode akan aktif, dan akan memasang SL (hardstop) pada besaran yang ditentukan pada TrailSL dan akan mengubah TrailTP sesuai besaran yang ditentukan pada TrailTP.
TrailingStep: Jarak dalam pips, antara harga sekarang di banding dengan TP, dimana fitur TrailMode ini akan aktif.
TrailTP: Jarak dalam pips, dimana TP akan dibuah.
TrailSL: Jarak dalam pips, dimana SL akan dipasang.
TrendTrailTrigger: Fitur Trailing Stop yang digunakan dalam strategy TrendSurfer.
Contoh penggunaan dari fitur ini misal diset dengan sbb: Trail STEP/TP/SL = 3 / 5 /5
Maka ketika harga mencapai jarak 3 pip sebelum level TP, maka akan dipasang SL baru dengan jarak 5 pip dari harga sekarang, dan akan menaikkan TP sebesar 2 pip (sehingga jarak menjadi 5 pip dari harga sekarang).
Bila harga bergerak mendekati TP lagi dan jaraknya mencapai 3 pip, maka SL dan TP akan di adjust lagi disesuaikan dan proses berulang, demikian seterusnya sampai harga menyentuh SL.

Alternatif lain untuk setting trail adalah dengan menggunakan SOFTSTOP, dimana settingan trail ini tidak muncul di layar MT4, namun bekerja di belakang layar.
EquityTrail: Secara default settingan ini ON, fitur ini akan aktif bila % profit (dari Account Balance) telah mencapai seperti yang disetting pada EquityTrailTP.
*EquityTrailStep: Kenaikan bertahap (dalam %) dari Trailstop, setelah Fitur ini aktif, bila harga terus searah yang diinginkan.
*EquityTrailTP: Persentase dari profit yang mengaktivasi fitur ini.
*EquityTrailSL: Initial SL (dalam %) yang ditentukan ketika fitur ini aktif.
Contoh: Account Balance = $1000, dan diset Equity Trail STEP/TP/SL = 0.1 / 1.0 / 0.0
Maka bila profit yang dicapai telah mencapai 1.0% atau sebesar $10 maka fitur ini akan aktif, dimana level SL akan di tempatkan pada level profit 0.0% (sebagai initial SL). Bila profit naik terus mencapai 1.1% maka SL akan naik setiap kelipatan 0.1% atau dalam case ini SL akan naik menjadi 0.1%.
Bila profit naik terus mencapai misal 1.5% maka SL akan naik terus ke level 0.5% dan seterusnya.
Robot akan menutup posisi bila SL tercapai, atau TP yang di set pada FloatingTP_Pct tercapai.
Sebagai catatan, bila anda ingin robot melakukan trail terus menerus tanpa dibatasi oleh FloatingTP_Pct, anda dapat set parameter pada FloatingTP_Pct = 0.

* Tanda bintang ini menandakan parameter yang saya biasa ubah untuk tweaking performance robot.

Part 5: Time & Symbol Filter

Keterangan Part 5:
Mins_Between_Trades:Minimal jeda waktu dimana robot akan membuka posisi pada layer berikutnya.
StartingTradeDay:Hari dimulainya Trade
EndingTradeDay:Hari dihentikannya Trade, bila di set hari Kamis, maka pada hari Jumat, robot tidak akan mengambil posisi baru, namun hanya memanage open posisi yang masih ada.
Start_Hour:Jam robot mulai beroperasi.
Stop_Hour:Jam berakhirnya robot beroperasi.
*Max_Charts:Maksimal banyaknya basket yang dibuka oleh robot. Bila di set misal = 3, maka robot dapat membuka posisi pada 3 chart yang berbeda (disebut sbg 3 basket).
MagicNumber:Robot menggunakan angka ini untuk membedakan trade yang dibuka olehnya dan trade yang dibuka oleh robot lain atau manual.
ECN: Setting untuk broker ECN, setting ini tidak perlu diubah.
newMode: Setting digunakan oleh robot utk strategy FlexHybrid, setting ini tidak perlu diubah
ReverseMode: Setting digunakan oleh robot utk membalik arah dari open posisi, setting ini tidak perlu diubah
trendMode: Setting digunakan oleh robot utk strategy TrendSurfer, setting ini tidak perlu diubah
trendHybrid: Setting digunakan oleh robot utk strategy TrendSurfer, setting ini tidak perlu diubah
EA_Name: Setting digunakan oleh robot memberi comment/keterangan ketika open posisi, setting ini tidak perlu diubah
HideFromBroker: Setting ini untuk mematikan comment pada open trade.
ChartDisplay: Anda dapat memilih apakah informasi robot ditampilkan pada layar chart atau tidak.
Font: Pemilihan font pada informasi yang ditampilkan di layar chart
Color: Pemilihan warna pada informasi yang ditampilkan di layar chart
Size: Pemilihan size font pada informasi yang ditampilkan di layar chart
MaxADR: Filter tambahan utk pembukaan posisi dengan menggunakan ADR (Average Daily Range). ADR yang tinggi mengindikasikan market memiliki rentang daily yang tinggi, atau dengan kata lain memiliki volatilitas tinggi. Threshold yang di set secara standard pada robot adalah 160. Bila ADR suatu pair melebihi level ini, maka posisi tidak akan dibuka, karena dianggap berbahaya oleh robot.
ADR_Days: Jeda waktu dalam hitungan hari dimana ADR akan diperhitungkan. Setelah lewat hitungan hari, maka robot dapat membuka posisi baru lagi pada pair tersebut.
CloseTradeAtADR: Parameter ini bila di set True, akan menutup seluruh posisi, walaupun rugi atau profit bila threshold ADR terlewati.
PauseBasketAtADR: Parameter ini bila di set True, akan mengentikan sementara pembukaan posisi baru dalam suatu basket, bila threshold ADR terlampaui.

* Tanda bintang ini menandakan parameter yang saya biasa ubah untuk tweaking performance robot.

Part 6: Currency, Session and News Control

Keterangan Part 6:

CurrencyPairsFilter:Parameter ini akan membatasi pairs yang akan dibuka oleh robot, contoh bila pair dengan USD = 2, maka robot akan membuka maksimal 2 pairs yang memiliki komponen USD didalamnya. misal robot telah membuka EURUSD dan USDJPY, maka bila ada trading opportunity pada pair GBPUSD, maka robot tidak akan membuka posisi pada GBPUSD.
TradeAustralian: Trade pada sesi Australia, bila di set False, maka robot tidak akan membuka posisi pada kurun waktu ini
TradeAsian: Trade pada sesi Asia, bila di set False, maka robot tidak akan membuka posisi pada kurun waktu ini
TradeLondon: Trade pada sesi Eropa, bila di set False, maka robot tidak akan membuka posisi pada kurun waktu ini
TradeNewYork: Trade pada sesi Amerika, bila di set False, maka robot tidak akan membuka posisi pada kurun waktu ini
UseNewsFilter: Parameter untuk set robot apakah mengaktifkan Filter NEWS atau tidak.
MinsBeforeNews: Jeda waktu dalam menit dimana robot tidak akan mengambil posisi XX menit sebelum keluar News.
Contoh: News mengenai Penetapan suku bunga FedRate pada pukul 10pm, bila di set MinsBeforeNews 120 menit, maka 2 jam sebelum berita tersebut keluar maka robot tidak akan mengambil posisi.
MinsAfterNews: Jeda waktu dalam menit dimana robot tidak akan mengambil posisi XX menit setelah keluar News.
Contoh: News mengenai Penetapan suku bunga FedRate pada pukul 10pm, bila di set MinsAfterNews 120 menit, maka 2 jam setelah berita tersebut keluar maka robot tidak akan mengambil posisi.
NewsImpact: 1:low impact, 2:medium impact, 3:high impact, Disarankan untuk tidak mengubah setting ini. Pengubahan pada setting Low impact akan mengakibatkan robot jarang mengambil posisi.
OffSetHour: Setting pada robot utk memajukan / memundurkan GMT, karena pengaruh DST (daylight saving time) pada broker forex.
CloseBasketBeforeNews: Bila diaktifkan, maka robot akan menutup posisi XX menit sebelum news keluar. (walaupun posisi sedang profit atau sedang loss.)
CloseTradeBeforeMarketClose: Bila diaktifkan, Robot akan menutup posisi pada hari jumat sebelum market tutup. (Penutupan posisi ini ditentukan oleh parameter CloseHour (format 24 jam)
CloseHour: Jam dimana robot akan menutup seluruh posisi pada hari jumat. (format 24 jam)

Bagi anda yang telah membeli robot, anda dapat login ke client area dan mempelajari lebih detail di halaman DOCUMENTATION yang berisi detail penjelasan dari parameter FlexEA.

Tommy Yu
I am an ordinary person who has been blessed with extraordinary opportunities and experiences. Today is one of those experiences. Sharing and giving to bless others.

Start typing and press Enter to search