Berikut ini adalah perbandingan dari strategy yang terdapat dalam robot FlexEA. FlexEA memiliki sekitar 13 strategy berbeda dengan martingale sebagai base strategy nya dan di kombinasikan dengan berbagai variasi sehingga menghasilkan 13 strategy berbeda.
Kami sendiri tidak menggunakan semua namun hanya 1 saja yaitu DEFAULT yang dalam jangka panjang memberikan hasil cukup baik, bukan berarti strategy lainnya tidak bagus, namun dari hasil testing kurang sesuai dengan tingkat toleransi resiko kami dan kenyamanan trading.

Anda bisa dengan bebas mencoba berbagai strategy yang ada, beberapa strategy lain yang di rekomendasikan adalah V2Default, Halfgrid, BigDefault, dan FlexHybrid.

Strategy V2 Default – V2 Default – DF
(RECOM-
MENDED)
HalfGrid – HG FlexHybrid – FH BigDefault – BD
Max Buy/Sell Layer  6 5 6 5 5
Martingale  Semi Semi Semi Semi Semi
Trend Counter Trend Counter Trend Counter Trend Counter Trend Counter Trend
Virtual Trade  5 6 4 10 5
Multiplier Factor 1.8x 1.7x 1.6x 1.5x 1.9x
PipSteps (pips) 15 21 25 15 32
Real Take Profit (pips) 25 29 40 30 47
Real Stop Loss (pips) 0 0 0 0 0
Commentary Strategy V2DF ini cukup aggressive, sering buka posisi, dan karena pipstepnya kecil, maka cepat sekali robot membuka layer baru ketika market bergerak melawan arah. TP juga jaraknya pendek, sehingga cepat exit. Strategy DF ini cukup prudent ketika mengambil posisi pertama, agak jarang buka posisi, namun cukup tepat untuk menunggu timing yg pas untuk buka posisi. TP nya moderate sehingga butuh waktu lebih lama dari V2DF utk Exit. Strategy HG ini cukup prudent ketika mengambil posisi pertama, lebih sering buka posisi dibanding DF, namun cukup tepat untuk menunggu timing yg pas untuk buka posisi. TP nya moderate ke tinggi sehingga butuh waktu lebih lama dari DF utk Exit, profit yg didapat tiap trade lebih tinggi dari DF Strategy FH ini sangat prudent dan agak jarang mengambil posisi pertama, namun cukup tepat untuk menunggu timing yg pas untuk buka posisi. TP nya moderate mirip dengan gabungan antara DF dan V2DF strategy Strategy BD ini mirip dengan DF namun dengan TP dan Pipstep yang besar. Multiplier factor juga paling besar mencapai 1.9x. Profit yg didapat tiap trade lebih tinggi daripada semua strategy namun butuh waktu lama utk mencapainya.

Keterangan:
Max Layer – merupakan maksimum open posisi yang dilakukan EA untuk 1 pair bila harga melawan arah.
Martingale – suatu strategy trading dimana open posisi akan dibuka dan bila melawan arah maka harga akan di averaging down terus sampai max layer tercapai, dan setiap kali melakukan averaging down, jumlah lot bertambah. Info lebih lanjut dapat dilihat pada Cara Kerja Robot
Multiplier factor – faktor pengali untuk averaging down. Misal, strategy default dengan 5 layer yang dimulai dengan open posisi 0.01 lot akan membuka posisi kedua dengan faktor pengali 1.7x sebesar 0.02, dan berikutnya 0.03, 0.05, 0.09 lot.
Trend – Strategy counter trend akan membuka posisi, berlawanan dengan arah market, misal ketika market jatuh turun tajam kebawah, maka robot akan membuka posisi BUY, dan sebaliknya.
Virtual Trades – suatu mekanisme internal dari robot dimana trading virtual dilakukan dibelakang layar untuk dapat mengetahui titik yang tepat untuk dapat membuka posisi pertama dari real trade.
Semakin kecil nilai VT, maka perilaku robot  akan semakin aggressive dan sering buka posisi, tingkat akurasi mencetak profit akan semakin rendah, semakin besar nilai VT maka robot akan semakin jarang buka posisi karena berhati-hati dan tingkat akurasinya semakin tinggi.
PipStep – besaran pip dimana robot akan membuka layer baru (informasi lebih lengkap tentang cara kerja dapat dilihat pada halaman Cara Kerja Robot)
RealTakeProfit – adalah TP level yang dipasang oleh robot (informasi lebih lengkap tentang cara kerja Real TP dapat dilihat pada halaman Cara Kerja Robot)
RealStopLoss – adalah SL level yang di pasang oleh robot, Angka ‘0’ artinya robot tidak menggunakan Hardstop SL, namun menggunakan StopLoss berdasar % dari balance yang ditetapkan pada parameter.

Strategy diatas dapat diterapkan pada pair berikut ini dan kombinasinya.
– 9 Major : EURUSD,EURJPY,EURGBP,EURCHF,USDCAD,USDJPY,NZDUSD,AUDUSD,GBPUSD
– 9 Minor : AUDNZD,NZDJPY,CADJPY,AUDCHF,CADCHF,EURCHF,EURCAD,AUDJPY,AUDCAD
Misal anda menjalankan 2 account MT4, maka anda bisa memasang strategy DF pada 9 Major pairs, dan 9 Minor Pairs.

Strategy FlexEA Lainnya
Beberapa Strategy Lainnya yang dimiliki oleh FlexEA saya bisa jelaskan dibawah.
Beberapa strategy ini dapat anda coba bila sesuai dengan karakteristik anda.
Anda dapat mencobanya di  account demo terlebih dulu agar dapat mengerti behaviour dari masing-masing strategy, baru setelahnya anda dapat terapkan di account real.

Strategy Super Precise TrendSurfer Scalper FullGrid ShotGun
Max Buy/Sell Layer  2 12 7 9 10
Martingale  No Yes No Yes Yes
Trend Counter Trend Trend Following Counter Trend Counter Trend
Virtual Trade  10 7 3 0 5
Multiplier Factor 2.0x 1.5x 1.7x 1.7x 1.5x
PipSteps (pips) 15 20 17 31 10
Real Take Profit (pips) 25 0 30 44 20
Real Stop Loss (pips) 100 0 0 0 200
Commentary Strategy ini sangat akurat dan relatif aman, memiliki hardstoploss, dan menggunakan trailing mode, total buka posisi 2 layer saja. Karena VT nya cukup besar, maka jarang buka posisi TrendSurfer berusaha untuk menangkap trend dan membuka posisi searah trend, tidak ada TP karena hanya menggunakan trailing stop saja. Scalper akan mencoba mencari profit dengan trading pendek dan target profit kecil. FullGrid adalah strategy yang sangat aggressive, Strategy ini akan selalu membuka posisi karena VT nya 0, dengan maksimal trade 9 layer. Shotgun ini cukup berbahaya dengan total max 10 layer dan pipstep 10 ini akan cepat sekali membuka layer. Salah satu strategy yang kurang favorit.
Strategy x3 Retrace x2 Retrace ADR Dynamics
Max Buy/Sell Layer  3 2 5
Martingale  Semi Semi Semi
Trend Counter Trend Counter Trend Counter Trend
Virtual Trade  9 8 8
Multiplier Factor 1.7x 3x Dynamic tergantung ADR
PipSteps (pips) 30 18 Dynamic tergantung ADR
Real Take Profit (pips) 25 25 0
Real Stop Loss (pips) 50 100 0
Commentary Strategy ini relatif aman karena max hanya 3 layer saja, dengan VT 9 dan menggunakan Stoploss sebesar 50 pips Variasi dari strategy x3Retrace namun dengan multiplier 3x dan maksimal 2 layer saja dg stoploss 100 pips. ADR Dynamics ini akan mengubah parameter pipsteps dan multiplier sesuai dengan nilai ADR saat itu, sehingga hasilnya bisa berbeda beda.
Tommy Yu
I am an ordinary person who has been blessed with extraordinary opportunities and experiences. Today is one of those experiences. Sharing and giving to bless others.

Start typing and press Enter to search