ZuluTrade menciptakan satu fitur untuk memberikan tambahan proteksi yaitu ZuluGuard, mirip seperti jaring pengaman.

Apa itu ZuluGuard?

ZuluGuard adalah fitur yang akan memonitor behaviour dari trader dari sisi total simultaneous trade, drawdown, maupun capital kita, dan  dan secara otomatis akan melakukan pengamanan. Biasanya hal ini disebabkan karena Trader melakukan perubahan strategy secara mendadak sehingga berakibat buruk terhadap keseluruhan account anda.

Kenapa Saya Membutuhkan Jaring Pengaman ?

Meskipun Traders telah menggunakan strategy trading yang teruji, namun kadang kadang tetap saja, hal buruk bisa terjadi. Bila hal tersebut terjadi, ZuluTrade telah memberikan fitur ZuluGuard sebagai jaring pengaman, untuk merealisasikan profit dan meminimalkan potensial loss.

ZuluGuard akan memonitor secara otomatis performance setiap Traders secara berkesinambungan 24 jam, Bila ZuluGuard mendeteksi perubahan yang telah kita tentukan sebelumnya, maka ZuluGuard akan mengambil tindakan untuk mengamankan account anda.

Yang perlu anda lakukan adalah menentukan parameter resiko seberapa banyak toleransi yang anda berikan terhadap loss atau kriteria tertentu. Pastikan anda menentukan ini sebelum ZuluGuard dapat memproteksi account anda.

Bagaimana ZuluGuard bekerja?

ZuluGuard memonitor 3 kriteria trading dari Traders yang kita harus tentukan di awal.

ZuluGuard
  • Capital protection (dalam USD $)

    Anda dapat set ZuluGuard berapa banyak loss yang anda dapat toleransi, ini semacam cutloss level yang anda tentukan sendiri.

    Sebagai contoh, Bila anda telah set Capital Protection $500, bila Trader loss sebanyak -$500 maka ZuluGuard akan mengambil tindakan terhadap posisi tersebut.

    Misalkan satu Trader telah berhasil mendapat profit $1000 dan trade berikutnya trader tersebut floating loss -$500, maka tetap saja ZuluGuard akan exit dari posisi loss tersebut, sehingga anda tetap mendapat net profit $500.
    ZuluGuard akan mengamankan profit anda.

    • ZuluGuard Take Profit

      Setting lainnya adalah untuk menginstruksikan ZuluGuard untuk Take Profit, ketika PnL anda mencapai nilai tertentu ($) yang anda tentukan ZuluGuard mengambil tindakan.

      Contoh: Anda set ZuluGuard Capital Protection sebesar  $500 dan Take Profit sebesar  $800. Bila total PnL account anda untuk trader tersebut mencapai $800, maka ZuluGuard akan tertrigger, dan anda bisa menginstruksikan ZuluGuard untuk mentutup seluruh posisi yg dibuka Trader tersebut, atau mendisable Trader tsb. dan anda mengunci profit $800.
      Note:  Anda dapat meng-enable kembali Trader tersebut dengan mensetting ulang ZuluGuard.

    • Capital Protection Notification

      Anda dapat pula meminta ZuluGuard untuk mengirimkan notifikasi ketika mencapai DrawDown tertentu.
      Contoh:
      Anda set Capital Protection di $500, bila anda set notifikasi pada 70%, maka pada floating loss -$350 ZuluGuard akan mengirimkan email notifikasi kepada anda, sehingga anda bisa memberi perhatian lebih kepada kondisi tersebut.

  • Single trade protection (dalam PIPS)

    Aturan ini berlaku seperti layaknya StopLoss biasa dalam pip, Sehingga anda bisa memberi proteksi tambahan terhadap setiap posisi yang di ambil oleh Trader.
    Contoh: Bila anda set Single Trade Protection di 200 pips, maka bila suatu posisi turun ke -200 pip, maka ZuluGuard akan take action.

  • Max open trades protection

    Anda dapat memproteksi jumlah trade yang di buka dalam satu waktu bersamaan.
    Contoh: Bila anda set max open trade = 10, maka ketika Trader membuka trade ke 11, ZuluGuard akan mengambil tindakan.

Tindakan yang diambil ZuluGuard
ZuluGuard akan mengambil tindakan seperti dibawah ini.

 

  • Close all Trader’s trades
    ZuluGuard akan menutup seluruh posisi Traders tersebut.
  • Disable the Trader
    ZuluGuard akan mendisable Trader tersebut, sehingga dia tidak bisa membuka posisi baru di akun anda. Untuk mengaktifkan kembali, anda perlu mensetting ulang di Dashboard.
  • Replace the trader with equal or better ZuluRanked Trader
    ZuluGuard akan menambah ke dalam portofolio anda Trader baru dengan ranking lebih baik yang perlu anda setujui sebelum anda menerima signal darinya.

Bagaimana cara Setting ZuluGuard ?
Anda dapat login ke dalam ZuluTrade di dashboard, pilih Traders yang anda ingin set, klik Icon berbentuk Perisai (Shield)

Berikut ini adalah Tampilan Capital Protection. Anda dapat menggeser2 bar vertikal untuk menentukan berapa batas Drawdown yang anda dapat toleransi.

 

Berikut ini adalah setting untuk menentukan Single Trade Protection, perlu diingat bahwa settingan dalam pip.

 

Berikut ini adalah screen untuk setting Max open trade Protection, anda dapat melihat historical maksimum posisi yang diambil oleh trader bersangkutan.

Start typing and press Enter to search